Tips Mengoptimalkan Bisnis Anda di Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Platform media sosial memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat digunakan untuk bisnis. Mulai dari feed, story, live, hingga IGTV. Fitur-fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk menjangkau audiens mereka.



Ingin menggunakan fitur Instagram untuk bisnis? Fitur mudah yang bisa Anda gunakan adalah hashtag atau hastag . Anda dapat menggunakan hashtag khusus yang sesuai dengan bisnis Anda.

 

Hindari menggunakan terlalu banyak hashtag . Instagram menyediakan Insights untuk setiap profil bisnis di Instagram . Kehadiran fitur ini dapat membantu bisnis memahami karakteristik audiens mereka dengan lebih baik.

 

Melalui Insights, mereka dapat menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten serta berapa banyak konten yang akan diposting dalam satu hari.


Ada Bantuan Algoritma.


Platform ini menyediakan algoritme untuk membantu Anda mengunggah 10 konten sekaligus. Dengan fitur ini, Anda tidak akan merasa terganggu. Algoritme Instagram akan menampilkan unggahan Anda secara bertahap ke pengikut. Jangan lupa tunjukkan karaktermu. Jadilah sahabat bagi konsumen dan bangun interaksi. Gunakan fitur original seperti feed, story, live, hingga IG TV.

 

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Anda bisa memasang iklan dengan biaya mulai dari Rp20.000.


Mau Jualan di Instagram Perhatikan 5 Tips Ini

Belakangan ini, media sosial kerap dilirik sebagai sarana berjualan. Salah satunya adalah Instagram .

 

Di platform ini, penjual bisa “menampilkan” dagangannya dan mempromosikannya ke netizen . Untuk menarik perhatian dan menarik konsumen, penjual sering memberikan promo dan barang gratis (give away) kepada warga.


Bahkan tidak jarang para trader menggunakan jasa influencer untuk meng-endorse dagangannya.

 

Selain memiliki tampilan yang menarik, platform ini juga memiliki potensi pasar yang sangat menarik. Setidaknya ada satu miliar pengguna yang mengakses Instagram setiap bulan. Jika Anda tertarik untuk “berjualan” di media ini, setidaknya kita bisa menerapkan lima tips di bawah ini.

 

Berikut lima tips yang bisa membuat bisnis Anda menarik bagi pengguna Instagram , dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 2 November 2018.


1. Sorot Karakter Utama Bisnis

Instagram adalah etalase online untuk bisnis. Karena itu, tonjolkan karakter utama bisnis untuk memudahkan bisnis Anda dengan bisnis lain.

 

Anda dapat membuat nama bisnis yang menarik, biodata lengkap , dan menampilkan feed dengan foto dan video berkarakter dan berkualitas tinggi.


Tampilan ini dapat menarik perhatian konsumen. Gunakan sedikit caption untuk menyampaikan narasi brand dan cerita produk

 

2. Format Vertikal

Format vertikal adalah format baru yang mampu dengan cepat menarik perhatian pelanggan melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar.

 

Platform ini menyediakan beberapa fitur yang menyajikan konten berformat vertikal, seperti Stories dan Live. Anda bisa mencuri perhatian pelanggan saat menampilkan konten kreatif di Instagram Stories dan Live.

 

Sekadar informasi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.


Secara global, 52 persen pengguna Instagram mengaku lebih tertarik pada suatu merek atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories

 

3. Bangun Interaksi dengan Pengikut Anda

Jangan lupa untuk menjalin komunikasi dua arah dengan followers melalui fitur polling dan aktif menjawab pertanyaan. Anda dapat mengadakan kontes untuk membantu menyebarkan tagar merek ke anggota komunitas yang lebih luas.

 

Anda juga dapat memanfaatkan fitur interaktif, seperti stiker polling dan mengajukan pertanyaan kepada saya. Semakin aktif Anda terlibat dengan pengikut Anda, semakin aktif mereka untuk memberikan umpan balik kepada Anda dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat konten yang diunggah.

 

4. Perhatikan Hashtag

Ada 1 miliar pengguna Instagram aktif bulanan secara global. Lebih dari 200 juta akun dari mereka mengunjungi satu profil bisnis setiap hari.

 

Menariknya, dua dari tiga kunjungan profil bisnis berasal dari bukan pengikut . Menggunakan tagar yang tepat penting bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan pelanggan potensial.

 

Misalnya, Kaloka Pottery, sebuah bisnis UKM asal Yogyakarta, mampu menjangkau pasar Timur Tengah melalui tagar .

 

Dua manfaat utama menggunakan hashtag adalah menemukan calon pelanggan dan inspirasi produk atau kolaborasi dengan pembuat konten lain, dan membuat calon pelanggan menemukan bisnis Anda.

 

Strategi penggunaan hashtag juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Anda dapat membuat hash khusus ( hashtag ) yang unik sesuai dengan karakter bisnis Anda atau menggunakan hashtag relevan yang sudah ada sebelumnya . Umumnya, tiga hingga lima hashtag dalam satu posting sudah cukup efisien.

 

5. Promosikan Konten Terbaik

Platform ini menyediakan beberapa format iklan untuk feed dan story. Fitur promosi ini memungkinkan bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Misalnya, promosikan feed dan iklan carousel.

 

Untuk menarik perhatian, Anda bisa membuat tampilan konten iklan yang mirip dengan tampilan cerita pengguna. Tujuannya agar mereka tidak merasa asing dengan iklan Anda. ( isme )

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel