Tips Mengoptimalkan Bisnis Anda di Instagram
Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Platform media sosial memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat digunakan untuk bisnis. Mulai dari feed, story, live, hingga IGTV. Fitur-fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk menjangkau audiens mereka.
Ingin menggunakan fitur
Instagram untuk bisnis? Fitur mudah yang bisa Anda gunakan adalah hashtag atau
hastag . Anda dapat menggunakan hashtag khusus yang sesuai dengan bisnis Anda.
Hindari menggunakan terlalu
banyak hashtag . Instagram menyediakan Insights untuk setiap profil bisnis di
Instagram . Kehadiran fitur ini dapat membantu bisnis memahami karakteristik
audiens mereka dengan lebih baik.
Melalui Insights, mereka dapat menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten serta berapa banyak konten yang akan diposting dalam satu hari.
Ada
Bantuan Algoritma.
Platform ini menyediakan algoritme untuk membantu Anda mengunggah
10 konten sekaligus. Dengan fitur ini, Anda tidak akan merasa terganggu.
Algoritme Instagram akan menampilkan unggahan Anda secara bertahap ke pengikut.
Jangan lupa tunjukkan karaktermu. Jadilah sahabat bagi konsumen dan bangun
interaksi. Gunakan fitur original seperti feed, story, live, hingga IG TV.
Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Anda bisa memasang iklan dengan biaya mulai dari Rp20.000.
Mau Jualan di Instagram Perhatikan 5 Tips Ini
Belakangan ini, media sosial
kerap dilirik sebagai sarana berjualan. Salah satunya adalah Instagram .
Di platform ini, penjual bisa “menampilkan” dagangannya dan mempromosikannya ke netizen . Untuk menarik perhatian dan menarik konsumen, penjual sering memberikan promo dan barang gratis (give away) kepada warga.
Bahkan tidak jarang para trader
menggunakan jasa influencer untuk meng-endorse dagangannya.
Selain memiliki tampilan yang
menarik, platform ini juga memiliki potensi pasar yang sangat menarik.
Setidaknya ada satu miliar pengguna yang mengakses Instagram setiap bulan. Jika
Anda tertarik untuk “berjualan” di media ini, setidaknya kita bisa menerapkan
lima tips di bawah ini.
Berikut lima tips yang bisa membuat bisnis Anda menarik bagi pengguna Instagram , dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 2 November 2018.
1. Sorot Karakter Utama Bisnis
Instagram adalah etalase online
untuk bisnis. Karena itu, tonjolkan karakter utama bisnis untuk memudahkan
bisnis Anda dengan bisnis lain.
Anda dapat membuat nama bisnis yang menarik, biodata lengkap , dan menampilkan feed dengan foto dan video berkarakter dan berkualitas tinggi.
Tampilan ini dapat menarik
perhatian konsumen. Gunakan sedikit caption untuk menyampaikan narasi brand dan
cerita produk
2. Format Vertikal
Format vertikal adalah format
baru yang mampu dengan cepat menarik perhatian pelanggan melalui kontennya yang
memenuhi seluruh layar.
Platform ini menyediakan
beberapa fitur yang menyajikan konten berformat vertikal, seperti Stories dan
Live. Anda bisa mencuri perhatian pelanggan saat menampilkan konten kreatif di
Instagram Stories dan Live.
Sekadar informasi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.
Secara global, 52 persen
pengguna Instagram mengaku lebih tertarik pada suatu merek atau bisnis setelah
melihat konten mereka di Instagram Stories
3. Bangun Interaksi dengan Pengikut Anda
Jangan lupa untuk menjalin
komunikasi dua arah dengan followers melalui fitur polling dan aktif menjawab
pertanyaan. Anda dapat mengadakan kontes untuk membantu menyebarkan tagar merek
ke anggota komunitas yang lebih luas.
Anda juga dapat memanfaatkan
fitur interaktif, seperti stiker polling dan mengajukan pertanyaan kepada saya.
Semakin aktif Anda terlibat dengan pengikut Anda, semakin aktif mereka untuk
memberikan umpan balik kepada Anda dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk
melihat konten yang diunggah.
4. Perhatikan Hashtag
Ada 1 miliar pengguna Instagram
aktif bulanan secara global. Lebih dari 200 juta akun dari mereka mengunjungi
satu profil bisnis setiap hari.
Menariknya, dua dari tiga
kunjungan profil bisnis berasal dari bukan pengikut . Menggunakan tagar yang
tepat penting bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan
pelanggan potensial.
Misalnya, Kaloka Pottery,
sebuah bisnis UKM asal Yogyakarta, mampu menjangkau pasar Timur Tengah melalui
tagar .
Dua manfaat utama menggunakan hashtag
adalah menemukan calon pelanggan dan inspirasi produk atau kolaborasi dengan
pembuat konten lain, dan membuat calon pelanggan menemukan bisnis Anda.
Strategi penggunaan hashtag
juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Anda dapat membuat
hash khusus ( hashtag ) yang unik sesuai dengan karakter bisnis Anda atau
menggunakan hashtag relevan yang sudah ada sebelumnya . Umumnya, tiga hingga
lima hashtag dalam satu posting sudah cukup efisien.
5. Promosikan Konten Terbaik
Platform ini menyediakan
beberapa format iklan untuk feed dan story. Fitur promosi ini memungkinkan
bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Misalnya, promosikan feed dan
iklan carousel.
Untuk menarik perhatian, Anda
bisa membuat tampilan konten iklan yang mirip dengan tampilan cerita pengguna.
Tujuannya agar mereka tidak merasa asing dengan iklan Anda. ( isme )